Jumat, 11 Oktober 2013

SEPAK TERJANG BAHASA INDONESIA DILUAR NEGRI

Bahasa indonesia merupakan bahasa pokok yang digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi antar kelompok atau individu. Walaupun didalam masyarakat terdiri dari banyak macam suku atau daerah dan masyarakat biasanya juga sering menggunakan bahasa daerah tempat asal (kelahiran)  misalnya: bahasa jawa,sunda,batak,betawi,dan sebagainya.
Walaupun makin banyak bahasa-bahasa asing yang dipelajari. Ini dianggap sebagai kebutuhan modal, juga sebagai tolak ukur kemajuan individu-individu di masa depan. Tapi ini mempunyai pengaruh secara langsung dan tak langsung, yaitu bahasa asing menjadi bahasa sehari-hari agar terbiasa dan juga sebagai alat latih untuk memperlancar pengucapan, pendengaran dan penulisan. Cukup memprihatinkan, karena fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu dari Warga Negara Indonesia menjadi tergeser. Karena bahasa asing, menjadi bahasa pergaulan, menjadi jembatan dalam persaingan global dan juga salah satu syarat dalam dunia pekerjaan. Tak dipungkiri pentingnya mempelajari bahasa asing, tapi alangkah jauh lebih baik bila kita tetap menjaga, melestarikan dan membudayakan Bahasa Indonesia.
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, Bahasa Indonesia telah mengalami banyak penyempurnaan ejaan.
Seperti :
- Ejaan van Ophuijsen
- Ejaan Republik
- Ejaan Melindo
- dan Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD).

Banyaknya penyempurnaan dalam Bahasa Indonesia tidak menyurutkan antusias para penutur asing untuk belajar Bahasa Indonsesia tersebut. Setidaknya tahun 2011 ada 219 lembaga di dunia yang mengajarkan Bahasa Indonesia kepada penutur asing di 73 negara. Dengan banyaknya keinginan para penutur asing untuk belajar Bahasa Indonesia pada tahun 2011 juga di buat sebuah kamus untuk para penutur asing, agar memudahkan mereka dalam mempelajari Bahasa Indonesia. Dan pada tahun 2012, Indonesia mungkin bangga karena Bahasa Indonesia digunakan dalam produk-produk perusahaan luar negeri, baik dalam kemasannya, prosedur penggunaannya, maupun keterangan produk yang dihasilkan.
Bukan cuma Indonesia yang menerapkan pelajaran bahasa Indonesia. saat ini bahasa Indonesia juga dipelajari di lebih dari 45 negara di dunia. beberapa diantaranya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, dan Italia. hal ini membuat bahasa Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Perlu kita akui, Bahasa Indonesia memang semakin diminati warga dunia di Australia,bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. ada sekitar 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan bahasa Indonesia disana (187 diantaranya berada di Australia Barat), dan biasanya Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar. belum lagi jumlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan bahasa atau sastra indonesia, membuat Australia menjadi salah satu negara yang paling intens mengembangkan bahasa Indonesia. Sementara itu di benua Afrika, Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa Indonesia. di negara yang paling pertama mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia itu baru saja dibangun Pusat Studi Indonesia. Pusat Studi ini ada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.
Terbang jauh ke benua Eropa, ada Italia yang juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa Indonesia. hal ini dapat dilihat dari jumlah klub sepakbola asal negara tersebut yang telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa tanah air yang disebut – sebut sebagai bahasa tersulit ke – 3 di Asia ini. sejauh ini ada tiga klub Italia yang memiliki situs dalam bahasa Indonesia yaitu Juventus, Intermilan, dan AC Milan. 
Di benua Asia kita menemukan Jepang yang terbilang sebagai negara yang juga intens mendalami bahasa Indonesia. di negara matahari terbit ini telah lama didirikan pusat-pusat studi Indonesia. Salah satunya yang didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969. anggota organisasi ini terdiri dari kalangan akademisi Jepang yang mengajar bahasa dan berbagai aspek tentang Indonesia di berbagai Universitas di Jepang. Sejak tahun 1992 organisasi ini mulai melakukan ujian kemampuan Bahasa Indonesia. Hingga kini tercatat lebih dari 12.500 peserta yang telah mengikuti tes kemampuan berbahasa Indonesia dalam berbagai level atau tingkatan.
Selain itu, Vietnam juga merupakan negara yang menghargai bahasa Indonesia. di Vietnam, posisi bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan. Bahkan sejak akhir 2007, pemerintah daerah Ho Chi Minh City menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua setelah bahasa Vietnam, menempatkan Vietnam sebagai negara kedua setelah Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi.
Kepopuleran bahasa Indonesia pada skala internasional dapat juga dilihat dari berbagai situs terkemuka seperti Facebook dan WordPress. di Facebook, bahasa Indonesia berada di peringkat ke 5 bahasa yang paling populer digunakan. sementara itu di situs blogging WordPress, Bahasa Indonesia adalah bahasa terbesar ketiga setelah Inggris dan Spanyol. hal ini membujuk beberapa situs terkenal lain untuk turut mengeluarkan situs mereka dalam bahasa Indonesia seperti Twitter dan Linkedin.

KOMENTAR :
Kita sebagai masyarakat indonesia harus berbangga dengan bahasa yang kita miliki, karena bahasa yang kita gunakan telah banyak diminati oleh negara lain. Oleh sebab itu kita harus menggunakannya dengan baik dan benar sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).
Karena banyaknya gaya bahasa yang masuk ke Indonesia menjadikan Bahasa Indonesia dilupakan oleh masyarakat Indonesia itu sendiri, padahal orang dari negara dan bangsa lain saja mau untuk lebih mempelajari dan berbicara Bahasa Indonesia tapi kenapa masyarakat Indonesia sendiri hampir melupakan Bahasa persatuan negara mereka. Memang keadaan seperti ini khususnya untuk Indonesia sangat memperihatinkan, tetapi seiring terus berkembangnya zaman, berkembang pulalah gaya bahasa yang digunakan. Walaupun sudah dilupakan, tapi banyak masyarakat Indonesia yang mempunyai keyakinan untuk melestarikan dan menjadikan Bahasa Indonesia bukan hanya digunakan di Indonesia saja, tetapi dapat digunakan secara Internasional. Dengan harapan bahwa Bahasa Indonesia dapat mempersatukan negara-negara didunia seperti mempersatukan seluruh keanekaragaman di Indonesia.


1 komentar: